Mari Bertanya pada Komputer

19, March, 2004

Teknik simulasi menjadi pilihan ketika cara analisa lain tidak mungkin atau sulit dilakukan. Berbagai kombinasi dan alternatif dapat dipelajari melalui simulasi sebelum penerapannya di lapangan. Hal ini akan mengurangi terjadinya kesalahan yang berakibat biaya sangat besar dalam penerapannya.

Menurut Henmaidi, doktor teknik dan manajemen industri dari Fakultas Teknik Universitas Andalas, Padang, penerapan sistem lalu lintas baru seperti halnya busway di Jakarta mungkin akan lebih baik jika didahului dengan mempelajari prilaku sistemnya melalui simulasi dengan menggunakan komputer.

“Situasi jalur, periode-periode sibuk, arah pergerakan penduduk, pusat perbelanjaan, perkantoran, sarana lampu lalu lintas, penempatan stasiun, jumlah sumber daya dan elemen-elemen lainnya lain dimodelkan untuk kemudian disimulasikan,” ujarnya.

Penerapan simulasi semakin mendapat tempat di lingkungan manajemen operasi. Pada 1979, dua orang periset, yakni Thomas dan Da Costa meneliti 137 perusaahaan besar di Amerika. Mereka memberikan daftar metode, tools, dan meminta analis perusahaan-perusahaan ini untuk mengecek apa saja yang mereka gunakan dalam manajemen operasi. Hasilnya 83 persen menyatakan mereka menggunakan metodel simulasi, posisi kedua setelah metode analisis statistik (93 persen).

Tahun berikutnya, ilmuwan lain Shannon, Long, dan Bukles melakukan survei terhadap anggota Operation Research Division pada American Institute on Industrial Engineer. Hasilnya, simulasi menempati peringkat pertama dalam hal penggunaan dan peminatan. Perkembangan berikutnya dapat diduga, pada hampir semua industri menengah-besar di Amerika penggunaan simulasi sudah merupakan pilihan utama untuk analisa bisnis mereka sejak tahun 1990-an.

Beberapa contoh aplikasi simulasi komputer:

Pelayanan dan antrian

Salah satu penggunaan yang menonjol dari teknik simulasi adalah untuk menganalisis antrian. Pada suatu sistem antrian yang kompleks, sangat tidak mungkin dikembangkan suatu formula analitis, sehingga simulasi merupakan satu-satunya cara untuk melakukan analisis. Contohnya, untuk supermarket dengan beberapa garis antrian kasir, beberapa di antaranya untuk jalur cepat sementara yang lainnya jalur biasa. Simulasi mungkin merupakan satu-satunya cara untuk menentukan berapa orang kasir diperlukan untuk melayani kebutuhan konsumen.

Manajemen persediaan barang

Manajemen pengadaan juga merupakan salah satu area aplikasi metode simulasi. Metode analitis untuk menyelesaian masalah persediaan (inventory) umumnya khusus untuk kasus-kasus sederhana, misalnya permintaan dianggap diketahui dan tetap. Diketahuinya jumlah permintaan merupakan elemen penting untuk menentukan berapa jumlah persediaan yang harus disediakan untuk memenuhi permintaan.

Dalam prakteknya hampir tidak mungkin untuk mengetahui dengan pasti tingkat permintaan itu, karena permintaan seringkali acak, sehingga simulasi merupakan pilihan terbaik untuk menyelesaikannya. Simulasi banyak digunakan untuk analisa sistem persediaan pada sistem JIT (sistem tepat waktu). Perusahaan menggunakan simulasi untuk melihat seberapa efektif dan bagaimana dampak ekonomis implementasi JIT tanpa harus terlebih dahulu menerapkan sistem JIT itu.

Sistem produksi dan manufaktur

Simulasi banyak digunakan untuk memecahkan masalah-masalah produksi seperti jadwal produksi, penyeimbangan jalur perakitan, perencanaan tata letak serta analisis penempatan atau lokasi. Banyak proses produksi yang dapat dipandang sebagai sistem antrian yang kompleks dapat dianalisis dengan menggunakan simulasi.

Investasi dan pembuatan anggaran

Pembuatan anggaran membutuhkan estimasi aliran kas yang seringkali merupakan hasil dari variabel acak. Simulasi digunakan untuk menghasilkan nilai dari faktor-faktor yang berpengaruh untuk menentukan aliran kas tersebut. Simulasi juga digunakan untuk menghitung tingkat pengembalian di mana inputnya adalah variabel acak seperti ukuran pasar, harga penjualan, tingkat pertumbuhan dan pangsa pasar.

Logistik

Persoalan logistik biasanya berkaitan dengan banyaknya variabel acak seperti jarak, model transportasi, kecepatan pengiriman dan penjadwalan. Simulasi dapat digunakan untuk menganalisa berbagai alternatif jalur distribusi untuk mendapatkan hasil optimal.

Analisis sumber daya dan lingkungan

Banyak aplikasi terbaru dari simulasi diarahkan untuk analisa terhadap masalah lingkungan. Simulasi dapat digunakan untuk melihat dampak sebuah proyek seperti kawasan industri, tempat pembuangan sampah, dan instalasi nuklir.

Dalam banyak kasus, simulasi digunakan untuk menganalisa kelayakan finansial proyek itu, ada juga untuk menganalisa limbah dan kondisi masyarakat sekitarnya dan sebagainya. Simulasi juga dapat digunakan untuk mensimulasikan kelayakan sistem sumber energi alternatif sebagai pengganti sumber energi fosil yang saat ini digunakan.

Koran Tempo, 19/03/2004  Iptek

2 Responses to “Mari Bertanya pada Komputer”

  1. neetha Says:

    boleh tanya dong….saya mengajukan skripsi dengan tema simulasi antrian konsumen di supermarket. tapi saya bingung model antrian manakah yang saya harus pakai : satu antrian satu server ato beberapa antrian beberapa server. saya sudah baca buku…tapi sebagian besar yang saya baca tidak ada yang membahas tentang beberapa antrian beberapa server adanya tentang satu antrian beberapa server. saya bingung mendapatkan pemodelan matematikanya……..saya harap mas bisa bantu dan tolong kirim ke email saya..

  2. ani Says:

    mau tanya dung, bisa tolong bantu sy untuk kasih tau kira2 teknik simulasi apa ya yang cocok untuk mmenuat simulasi pemasangan lampu lau lintas, tetapi teknik monte carlo ataupun markov tidak boleh dipergunakan lagi, kalau bisa bantu, tolong dikirimkan ke alamat email sy ya. terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: