Era Personalisasi di Internet

25, August, 2005

SEMUANYA akan menjadi seperti fasilitas pribadi. Ketika Anda masuk ke Internet, apa pun yang ada di situ akan tersaji dan hadir seperti yang Anda inginkan.

Berita-berita terbaru yang muncul hanyalah berita-berita yang cocok dengan selera dan kebutuhan Anda.

Jika Anda hanya menyukai berita mengenai gadget terbaru, pastilah tidak akan dikirimi berita saham Microsoft yang jatuh di Nasdaq misalnya–kendatipun masih sama-sama berada di ranah teknologi informasi.

Daftar buku-buku baru yang selalu diperbarui hanya akan menampilkan buku-buku yang pasti Anda sukai. Dengan penuh percaya diri, mesin di web akan merekomendasi buku-buku yang harus Anda miliki.

Begitu juga daftar lagu-lagu teranyar yang dikirim ke depan mata Anda hanya dari genre yang digemari.

Mereka yang punya hobi musik pop tidak akan ditawari musik jazz karena, menurut mereka, jazz adalah “musik yang tidak jelas”. Sebaliknya, penggemar jazz tidak akan ditawari musik pop karena, menurut mereka, pop adalah “musik kacangan”.

Juga ketika Anda harus berurusan dengan mesin pencari. Mesin pencari didesain sebagai perangkat cerdas yang hanya menghadirkan hasil-hasil pencarian yang paling dekat dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Mesin pencari akan merekam jejak-jejak pencarian Anda sebelumnya; sejauh mana hasil pencarian sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena itu, hasil pencarian yang tak berguna, sebagaimana yang selama ini terjadi, akan disingkirkan.

Tidak hanya di web, Anda juga bisa menggunakan fasilitas pencari di desktop pada saat online ataupun tidak. Bahkan ke depan, mesin pencari juga akan membantu Anda mencari data yang tersimpan di komputer Anda yang lain di rumah.

Halaman-halaman web di masa datang dipastikan akan unik dan berbeda-beda bagi setiap orang, kendati mereka sedang membuka halaman yang sama.
Misalkan Anda dan teman Anda sekantor masing-masing sedang membuka situs berita CNN.com.

Bisa dipastikan, jenis headline dan kategori-kategori berita yang ditampilkan Anda berbeda satu sama lain. Di halaman yang Anda buka boleh jadi ada foto Anda atau link ke situs favorit.

Hampir semua content web di masa depan adalah hasil kostumisasi pribadi pengunjung setianya.

Internet memang akan menjadi konsultan pribadi yang benar-benar tahu siapa Anda. Dan Anda bisa mengandalkannya.

–Koran Tempo, 05/06/2005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: