Kejarlah Daku Kau Kuboyong

25, August, 2005

DENGAN cepat, popularitas teknologi e-mail boyong alias push-mail merebak di Indonesia. Ibaratnya, e-mail-lah yang mengejar pemiliknya, bukan sebaliknya.

Keandalannya memang mempesona. Inilah metode pengelolaan e-mail yang memungkinkan surat elektronik langsung terkirim ke terminal akhir pelanggan tanpa harus ditarik (pull) dari server.

Dalam sistem tarik sebagaimana yang lazim digunakan dewasa ini, e-mail yang diterima disimpan dalam suatu server penerima, kemudian penerima mengambilnya dengan melakukan sambungan ke server melalui ponsel atau peranti genggam lainnya.

Jadi, kapan persisnya e-mail diterima, sangat bergantung pada keaktifan pengguna melakukan pengecekan melalui koneksi ke server.

Barangkali karena metode semacam inilah yang membuat komunikasi e-mail di ponsel tidak sepopuler pesan pendek (SMS) yang dapat langsung diterima pada saat itu juga di layar ponsel pengguna.

Namun, keterbatasan POP3 dan IMAP4 ini dapat diakali sistem push-mail dengan memanfaatkan teknologi GPRS (general packet radio service) yang selalu terhubung ke Internet.

Tak mengherankan, dalam tempo singkat, BlackBerry–merek pelopor layanan ini yang sangat populer di dunia–menjadi salah satu teknologi yang paling digemari di dunia saat ini.

Apalagi aplikasi buatan RIM, perusahaan asal Kanada ini, memungkinkan akses nirkabel tidak hanya terintegrasi dengan e-mail, tapi juga dengan telepon, manajemen informasi pribadi (PIM), dan aplikasi data perusahaan.

Pengguna seluler di Indonesia juga sudah bisa menikmati layanan ini setelah Indosat memboyong BlackBerry, Telkom mengusung Ventus, dan Excelcom menawarkan Wireless Email.

Pekan lalu, Indosat meluncurkan i-Memova, layanan e-mail boyong bagi pengguna pascabayar nonkorporat dan prabayar. Jika BlackBerry dan Ventus menggunakan antarmuka e-mail, i-Memova menggunakan pesan multimedia (MMS) untuk setiap e-mail yang diboyong ke ponsel.

Selain itu, dewasa ini cukup banyak penyedia peranti lunak e-mail boyong independen, seperti Space2go, MailX, Smartner, ProfiMail, dan ChatterMail, yang bisa mengakomodasi kebutuhan ini.

Tinggal mengunduh dan meng-install software tersebut di ponsel Anda, e-mail baru akan segera mengejar Anda di mana pun dan kapan pun.

Pilihan-pilihan ini sangat bergantung pada kebutuhan dan kemampuan kantong pengguna. Dengan manajemen yang bagus, penggunaan akses GPRS dan baterai ponsel bisa dihemat selama mengaktifkan layanan ini.

Jadi, kejarlah daku!

–Koran Tempo, 24/07/2005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: