Bernaung di Rumah Digital

28, August, 2005

“SELAMAT datang di rumah masa depan,” sambut robot yang bertugas sebagai protokoler begitu tamu memasuki rumah. “Apa pun kebutuhan Anda, segera komunikasikan dengan jaringan yang ada di rumah ini. Semoga kunjungan Anda menyenangkan.”

Desain interior rumah istimewa ini merupakan paduan karakter rumah tradisional Jepang yang diperkaya dengan aksen-aksen futuristik.

Di rumah itu terdapat sebuah kamar khusus berukuran 4 x 3 meter yang berfungsi sebagai ruang kontak. Di sini seorang anggota keluarga bisa berkomunikasi secara virtual dengan anggota keluarga yang sedang berada di luar di depan layar LCD (liquid crystal display), yang berfungsi menampilkan wajah lawan bicara.

Di seberang ruang keluarga, yang dilengkapi tempat duduk melingkar ala teater yang sedikit lebih tinggi dari lantai, terdapat sebuah meja keluarga multifungsi.

Yang menarik adalah permukaan meja metalik ini. Terbuat dari bahan kristal yang dilengkapi LCD, tampilan grafis di atas meja itu menunjukkan identitas dan posisi setiap anggota keluarga.

Dengan menggunakan remote control virtual, sang ibu bisa meminta kurir digital yang khusus ditugaskan jadi asistennya. Misalnya, si ibu bisa meminta sang kurir jadi penasihat liburan akhir pekannya.

Sumimasen — maaf, Nyonya,” terdengar suara penasihat digital, “mau libur ke mana?” Si ibu menjawab Hawaii. Dalam orde detik, di layar muncul sejumlah pilihan jadwal penerbangan, akomodasi, dan jenis makanan yang diinginkan.

Si ibu segera menetapkan pilihannya dan seketika kurir digital langsung mereservasi tiket dan akomodasinya secara online. “Semuanya beres, Nyonya. Tapi masih ada satu masalah lagi. Paspor nyonya akan kedaluwarsa dua pekan lagi, jadi saya akan segera memperpanjangnya.”

Rumah masa depan atau disebut home information infrastructure (HII) itu terdapat di Living Plaza, Lantai 4, Panasonic Center, Tokyo, Jepang, yang saya kunjungi beberapa waktu lalu.

Pekan ini rumah digital kembali jadi pembicaraan. Dari arena Intel Developer Forum di San Francisco terbetik kabar bahwa Intel Corporation akan memperkenalkan teknologi Intel Viiv yang didesain untuk rumah digital.

Dukungan teknologi semacam ini tentu akan mendorong produksi dan rancang rumah digital secara luas.

Sepertinya rumah digital bukan lagi impian atau hanya sekadar prototipe buat dipamerkan. Siapa yang tertarik, sudah bisa membuat ancang-ancangnya dari sekarang. — Koran Tempo, 28/08/2005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: