Piranti IBM untuk ‘Rekening Tak Bertuan’

28, February, 2006

IBM mengumumkan piranti lunak keamanan baru untuk membantu perusahaan kecil dan menengah mengatasi berbagai ancaman keamanan seperti serangan dari dalam dan mengotomatisasikan proses ketaatan terhadap peraturan (compliance).

Piranti lunak Tivoli Identity Manager Express memberikan perusahaan-perusahaan kecil, kemampuan pengelolaan identitas kelas enterprise, tetapi dengan versi yang lebih terjangkau dan dapat diinstal dan dikelola oleh orang awam sekalipun.

Perusahaan-perusahan kecil, seperti halnya perusahaan-perusahaan besar, juga rentan terhadap ancaman keamanan, apalagi mereka tidak memiliki anggaran atau staf yang memadai untuk mengelola suatu sistem pengelolaan identitas untuk mengendalikan siapa saja yang dapat mengakses informasi perusahaan.

Keseluruhan sistem keamanan mereka mungkin hanya terdiri dari berbagai piranti lunak antivirus atau firewall jaringan. Hal ini mengakibatkan “pintu belakang digital” mereka terbuka lebar bagi pekerja yang sudah dipecat atau pekerja kontrak yang tidak jujur, sehingga mereka dapat mengakses informasi keuangan atau rahasia perusahaan.

Menurut penelitian IBM, serangan dari dalam diperkirakan akan menjadi ancaman keamanan terbesar di tahun 2006 karena para kriminal tidak lagi melakukan hacking dari “pintu depan”, melainkan memanfaatkan rekening pengguna yang belum ditutup karena terjadinya perubahan bisnis seperti pemecatan seperti PHK, merger dan akuisisi.

Piranti IBM yang baru ini membantu mencegah terjadinya serangan dari dalam dengan memblokir mereka agar tidak dapat menggunakan nama pengguna dan rekening pengguna yang belum ditutup perusahaan. Menurut penelitian IBM, lebih dari 60 persen rekening pengguna terdiri dari apa yang disebut sebagai “rekening tak bertuan”.

Dengan Tivoli Identity Manager Express, perusahaan-perusahaan kecil dapat menghapus rekening-rekening tak bertuan tersebut dengan memberikan para manajer kemampuan mengendalikan siapa saja yang boleh mengakses informasi dan senantiasa memeriksa daftar rekening pengguna, apakah sesuai dengan informasi pekerja yang terkini.

One Response to “Piranti IBM untuk ‘Rekening Tak Bertuan’”

  1. lea Says:

    saya nak tanye kelebihan ibm??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: