Anda Sudah Punya Blog?

6, March, 2006

Jika ada orang yang hobi melakukan “sweeping” terhadap blog, Budi Rahardjo adalah salah satunya. Buktinya, dosen Institut Teknologi Bandung dan penceramah di seminar-seminar teknologi informasi ini setidaknya punya 19 blog!

Alasannya? “Suka aja. Apalagi blog yang bisa diutak-atik,” begitu penjelasannya suatu kali di salah satu posting-nya. Ia sendiri tampak tidak kesulitan memperbarui isi blog-nya itu.

Tapi bagi pengunjung blog tentu hal ini agak jadi persoalan. Harus buka yang mana, ya? Untunglah, Budi juga punya sebuah agregator blog–sebuah situs khusus yang mampu menarik posting-posting terbaru dari semua blog-nya–sehingga memungkinkan pengunjung atau penggemar blog-nya cukup nongkrong di satu tempat saja.

Diari online itu sejatinya bernama web log–sering disingkat blog. Sebuah nama yang indah dan unik. Orangnya disebut blogger. Bahkan blogging sudah menjadi sebuah kata kerja resmi.

Blog boleh dikatakan kombinasi semacam surat elektronik, situs pribadi, catatan harian, chatting, dan message board. Intinya, blog adalah situs untuk saling berbincang secara interaktif tentang topik-topik tertentu. Pada dasarnya ada dua kategori blog: berdasarkan catatan harian dan berdasarkan suatu topik tertentu.

Diperkenalkan sejak 1997, blog adalah spesies baru yang tumbuh dan menjalar dengan cepat di alam maya. Ketika tiga tahun lalu Google membeli Blogger, perusahaan penyedia peranti lunak yang mendukung jutaan situs blog di seluruh dunia, popularitas layanan ini semakin menanjak.

Bahkan Business Week, yang menutup majalahnya edisi Eropa dan Asia akhir tahun lalu, memutuskan membuat situs blog sendiri untuk para pembacanya, Blogspotting.net, selain edisi virtualnya di www.businessweek.com. “Salah satu pertimbangannya, blog akan bahkan akan mengubah bisnis Anda,” demikian penjelasan resmi majalah itu.

Keindahan blog memang tidak hanya terletak pada keragaman ekspresi dan spontanitas pemiliknya. Kekuatan lain yang tak kalah dahsyat justru terletak pada kemampuannya membangun dan menggerakkan komunitas.

Bukan sekadar berbagi link, kalangan blogger juga mendedikasikan fasilitas agregator yang membuat komunitas blog semakin tak terhentikan.

*) Kolom Budi Putra ini dimuat di rubrik e-culture, Halaman Digital, Koran Tempo, edisi Minggu 5 Maret 2006

2 Responses to “Anda Sudah Punya Blog?”

  1. dudi Says:

    itu link ke planet gbt salah. bukan planetgpt, tapi planetgbt.

  2. thegadget Says:

    Buat, Mas Dudi, terimakasih. Sudah dikoreksi. –BP


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: