Panorama Lain Planet Internet

12, March, 2006

cover_planet_internet.jpg

Judul: Planet Internet: Jaringan Pintar yang Mengubah Dunia
Pengarang: Budi Putra
Penerbit: Logicom Publications
Terbit: Desember 2005
Jumlah halaman: 250 halaman + xxxii

Bagi seorang praktisi teknologi informasi yang telah mengenal Internet cukup lama (sejak 1995) seperti saya, membaca buku ini tak ubahnya seperti membuka kembali album kenangan tentang perjalanan ber-Internet yang saya alami selama bertahun-tahun sebagai salah satu pengguna.

Di bab-bab pertama buku ini, khususnya ketika membahas sejarah awal munculnya Internet di dunia, sebenarnya tak banyak informasi baru yang bisa saya peroleh dari buku ini dibandingkan dengan buku teknologi Internet sejenis yang pernah saya baca sebelumnya.

Namun, dengan gaya penuturan dan pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan buku teknis tentang Internet yang ada sebelumnya, membuat buku Planet Internet enak dibaca dan semakin menambah penasaran untuk disusuri lebih dalam.

Salah satu bagian yang menarik dari buku ini adalah informasi tentang awal munculnya Internet di Indonesia. Banyak informasi yang beredar tentang cikal-bakal Internet di Indonesia. Buku ini mencoba merangkum semuanya dalam satu jalinan cerita yang tersusun rapi ke hadapan pembaca.

Informasi tersebut menarik mengingat tak banyak buku ataupun publikasi yang mengungkap secara lengkap dan terstruktur ihwal awal kemunculan Internet di Indonesia. Budi Putra mampu menyampaikan informasi-informasi tersebut secara mantap karena didukung fakta dan sumber tepercaya bagi dunia Internet di Indonesia melalui penelusuran dan investigasi yang cukup panjang.

Ketika memasuki bagian perkembangan teknologinya, Budi Putra mempertahankan gayanya dalam bertutur dengan tetap mengambil perspektif nonteknis, dibanding perspektif teknis yang cenderung rumit, menjadi bahasa populer yang lebih mudah dipahami. Tak banyak penulis dalam bidang teknologi informasi yang mampu menguraikan informasi yang bersifat teknis menjadi informasi yang renyah dicerna oleh semua kalangan.

Dari bagian pembukaan saja, kita dapat langsung memastikan bahwa melalui buku ini kita akan dibawa menjelajahi sebuah dunia yang oleh Budi Putra disebut sebagai “planet Internet”.

Sayangnya, sebagai buku yang diperuntukkan bagi pemula, buku ini kurang menampilkan gambar-gambar menarik dan dalam beberapa bab kurang menampilkan sesuatu yang berbeda dari sisi ilustrasi, seperti halnya isi buku ini khususnya di bagian awal. Mungkin lebih baik jika dari sisi ilustrasi, pendekatan yang dilakukan oleh Budi Putra juga tetap mempertahankan imajinasi pembaca yang telah terbangun oleh kalimat-kalimat di bagian pembukaan.

Mengingat luasnya cakupan pembahasan tentang dunia Internet, termasuk tentang mobile Internet, sang penulis tak ketinggalan mengupas fenomena tersebut dalam buku ini. Pembahasan tentang Wi-Fi dan Wi-Max turut menghiasi buku ini.

Di samping itu, buku ini juga menyampaikan fenomena dan tren Internet yang mungkin tak terkuak ke publik. Salah satunya adalah cerita di balik open source dan open standard, juga cerita sebelumnya tentang penemuan TCP/IP.

Hal tersebut membuat buku ini semakin menarik dibaca dan tidak terlalu berat, bahkan untuk orang yang belum mengenal Internet sekalipun. Ditambah lagi buku ini cukup lengkap mencakup semua teknologi terbaru dalam teknologi Internet sehingga Anda tak perlu membaca banyak buku untuk memperoleh informasi yang lengkap tentang dunia Internet.

Sejak awal buku ini memang tak mau terjerumus dalam situasi yang banyak dialami oleh buku tentang Internet dan teknologi sebelumnya yang berfokus pada teknologi itu saja, bukan pada aspek lain yang juga bermanfaat dari teknologi yang diutarakan tersebut.

Meski secara teknis tak banyak yang bisa diperoleh dari buku ini, tapi menurut saya, justru buku seperti inilah yang harus lebih banyak ditelurkan. Selain menjadi gerbang menuju pemanfaatan teknologi lebih lanjut, buku ini justru membantu perimbangan informasi kepada khalayak.

Seperti diutarakan penulisnya, sasaran utama buku itu adalah membuka cakrawala baru untuk mengenal Internet lebih dalam dari sisi filosofi dan nonteknis. Buku ini inspirasional dan dibuat untuk mengajak masyarakat lebih mengerti esensi Internet. Saya rasa penulis berhasil membangun suasana tersebut.

Sebagai seorang praktisi dengan latar belakang pendidikan teknik dan teknologi informasi, awalnya saya kurang tertarik membaca buku ini karena pesimistis dengan kandungan informasi yang mungkin saya peroleh. Kenyataannya justru sebaliknya. Buku ini ternyata membantu saya menemukan esensi dari bidang pekerjaan yang selama ini saya tekuni. Budi Putra melalui buku ini memberi contoh langsung bahwa teknologi Internet adalah teknologi yang sederhana dan mudah dimengerti.

Jika saya harus mengomentari buku hanya dalam beberapa kata, saya akan mengatakan bahwa Planet Internet adalah buku langka dalam bahasa Indonesia yang menjelaskan teknologi Internet secara singkat, jelas, dan menarik.

Hingga saya tak sadar kalau saya sedang membaca sebuah buku tentang teknologi. Buku ini sangat baik dalam hal mengurangi kesenjangan antara penulis dan pembacanya, satu kelemahan yang masih banyak dialami oleh buku berlatar belakang teknis saat ini yang cenderung menjadi ekslusif.

Tentunya, buku kedua dari e-trilogi yang disiapkan Budi Putra (sebelumnya sudah terbit Planet Seluler, Juni 2004) ini akan bermanfaat bagi masyarakat luas. Salah satunya mungkin bagi Anda.

Antonius Aditya Hartanto
Praktisi, Penulis Buku Teknologi, dan Redaktur Majalah www.mappz.com

Koran Tempo, Minggu, 12 Maret 2006

Lebih lanjut tentang buku Planet Internet

One Response to “Panorama Lain Planet Internet”

  1. Bi[G] Says:

    eh.. bukunya koq nggak ada gue cari di gramedia?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: