Sun Microsystems Tangani Gas Rumah Kaca

23, March, 2006

Sun Microsystems mengumumkan bahwa awal tahun ini, EPA (Badan Perlindungan Lingkungan di Amerika Serikat) mendukung komitmen Sun mengurangi emisi gas rumah kaca perusahaan tersebut di Amerika hingga 20 persen pada tahun 2012. Komitmen Sun Microsystems tersebut merupakan bagian dari program Climate Leader yang dicanangkan EPA di mana Sun menjadi salah satu anggotanya.

Dicanangkan pada tahun 2002, Climate Leaders merupakan kemitraan antara pemerintah dan kalangan industri dalam membangun strategi untuk menghadapi perubahan iklim jangka panjang secara menyeluruh. Mitra yang tergabung dalam Climate Leaders berkomitmen mengurangi emisi gas rumah kaca dan memantau perkembangannya. Dengan melaporkan data inventaris tersebut kepada EPA, mitra terus menerus memantau perkembangan mereka.

Mitra-mitra tersebut menempatkan diri mereka sebagai perusahaan pemimpin yang peduli lingkungan hidup dan secara strategis menempatkan posisi mereka di industri seiring berkembangnya kebijakan terhadap perubahan iklim.

“Komitmen kami untuk mengurangi emisi gas rumah kaca melalui program Climate Leaders merupakan keputusan bisnis strategis yang mempertegas komitmen Sun terhadap pelestarian lingkungan dan meningkatkan efisiensi kegiatan operasional kami,” kata David Raduziner, senior director workplace resources, Sun Microsystems.

Contoh kepemimpinan Sun dalam menghadapi kepedulian terhadap lingkungan tercermin melalui serangkaian produk serta program internal Sun, seperti Sun iWork Strategy, yaitu program untuk memfasilitasi para karyawan yang bekerja di lapangan. Program ini menawarkan karyawan alternatif bekerja dari jarak jauh sehingga mereka tidak perlu banyak menghabiskan waktu perjalanan dengan mobil sehingga akan mengurangi dampak polusi bahan bakar.

Program ini baru-baru ini dinobatkan sebagai salah satu lima program lingkungan terbaik dari seleksi tahunan EPA atsas The Best Workplaces for Commuters. Usaha tersebut demikian berhasil sehingga Sun bahkan mengembangkan Sun OpenWork Practice untuk membantu pelanggan mengembangkan sistem serupa, menciptakan suasana bekerja secara fleksibel bagi para karyawan mereka.

Selain itu, Sun telah meluncurkan prosesor UltraSPARC T1 akhir tahun lalu, yaitu prosesor pertama yang ramah lingkungan, dengan terobosan teknologi dari sisi tenaga, sistem pendingin, dan kinerja yang mencerminkan komitmen perusahaan yang tinggi terhadap pelestarian lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: