3G CDMA dari Qualcomm di Pedesaan Jawa Timur

12, April, 2006

Qualcomm Incorporated, pengembang terkemuka dan pelopor teknologi Code Division Multiple Access (CDMA), hari ini mengumumkan keberhasilan tahap pertama inisiatif Wireless Reach Qualcomm di Pacitan, Jawa Timur, sebagai bagian dari komitmen Perusahaan untuk menyediakan layanan telekomunikasi bagi daerah-daerah pedesaan yang terpencil.

Qualcomm menyediakan Community Access Point (CAP) berbasis teknologi 3G CDMA di Pacitan yang terdiri atas sebuah laboratorium komputer yang dilengkapi dengan modem CDMA2000 1xEV-DO yang beroperasi pada frekuensi 450 MHZ (CDMA450) untuk menyediakan akses Internet berkecepatan tinggi bagi publik.

Lebih dari 2.000 pelajar dan guru di Pondok Pesantren Tremas akan memiliki kemudahan mengakses informasi yang tersedia di seluruh dunia melalui Internet untuk kebutuhan pendidikan, riset dan pelatihan. Peluncuran proyek di Pacitan ini dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Setelah Pacitan, Qualcomm akan menyediakan fasilitas CAP di delapan kota lain di Jawa Timur.

Proyek penyediaan fasilitas CAP di Jawa Timur merupakan perluasan dari inisiatif Wireless Reach Qualcomm yang saat ini sedang berlangsung di Way Kanan, Lampung. Di Way Kanan, proyek ini meliputi penyediaan laboratorium komputer yang dilengkapi dengan akses Internet berkecepatan tinggi bagi lima sekolah menengah di pedesaan, 59 warung selular serta 59 telepon tetap nirkabel bagi penduduk setempat.

Inisiatif Wireless Reach Qualcomm memberdayakan komunitas melalui penggunaan teknologi nirkabel generasi ketiga (3G). Inisiatif ini bertujuan memperkokoh pembangunan ekonomi dan sosial yang berfokus pada pendidikan, pemerintahan, layanan kesehatan, dan keselamatan publik.

Wireless Reach menciptakan proyek-proyek 3G yang berkesinambungan melalui kemitraan dengan lembaga swadaya masyarakat, perguruan tinggi, insitusi pemerintah, badan pengembangan, dan perusahaan swasta lainnya.

"Kami bangga bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan perusahaan-perusahaan terkemuka dalam mengimplementasikan program strategis Wireless Reach Qualcomm," kata Harry K Nugraha, senior director and country manager, Qualcomm Indonesia.

"Kami optimis teknologi CDMA450 akan menjadi platform perkembangan infrastruktur telekomunikasi di pedesaan dan hal ini telah dibuktikan dalam dua proyek kami di Pacitan, Jawa Timur, dan Way Kanan, Lampung."

CDMA 450 menyediakan solusi telekomunikasi yang paling efisien dengan jangkauan yang luas dan kemampuan menghantarkan kualitas suara yang jernih dan layanan data berkecepatan tinggi pada saat yang bersamaan. Teknologi ini ideal bagi kondisi pedesaan di Indonesia.

Menurut CDMA Development Group, jaringan CDMA450 saat ini telah dipergunakan di 36 negara di seluruh dunia dan 36 jaringan tambahan lainnya akan segera diluncurkan atau sedang dalam tahap uji coba.

Di Asia, jaringan CDMA450 telah dipergunakan di Indonesia oleh (PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia), Kamboja, Laos, China (Tibet), Pakistan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Vietnam dan Uzbekistan. [G!]

No Responses Yet to “3G CDMA dari Qualcomm di Pedesaan Jawa Timur”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: