Kebiasaan Menulis di Blog (3)

3, May, 2006

DULU sulit sekali membayangkan kita bisa punya situs web yang lengkap, praktis, dan interaktif. Semuanya baru bisa terwujud kalau kita punya uang dan bekal keterampilan teknis tertentu.

Juga sulit membayangkan bagaimana bisa ikut berkiprah di kancah internasional secara lebih cepat. Semuanya baru bisa terwujud kalau kita punya akses pada komunitas tertentu yang sudah diakui di dunia. Kalaupun punya situs web sendiri, perkara mempromosikannya secara luas juga tak kalah peliknya.

Pendeknya, semuanya berjalan tidak semudah yang dibayangkan oleh pandangan romantisisme era cyber.

Tapi kini, setidaknya sejak tiga-lima tahun terakhir ini, muncul solusi cepsleng yang sudah terbukti keampuhannya: blog alias weblog.

Dengan memiliki dan mengelola blog sendiri, seseorang bisa dengan cepat dikenal — apalagi jika ditulis dalam bahasa internasional.

Tidak mengherankan kalau seorang blogger di Singapura atau Malaysia dikenal oleh praktisi dan profesional teknologi informasi dunia karena mengelola blog bertema teknologi informasi. Begitu juga untuk bidang lainnya.

Dengan blog, tiba-tiba seseorang bisa dikenal sebagai penulis kolom yang andal. Padahal sebelumnya ia tidak dikenal sama sekali di media mainstream.

Artinya, blog menawarkan kesempatan dan peluang yang sama bagi siapa pun untuk tampil di kancah dunia. Tapi ingat, blog hanyalah media atau alat. Keunggulannya memang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, tapi semua kembali lagi kepada individu yang bersangkutan.

Asalkan tetap konsisten dengan dunianya serta terus memperkaya pengetahuan dan memperluas jejaring, ia akan tetap menjadi warga dunia istimewa: karena dikenal orang dari berbagai belahan dunia.

Saya tak menganjurkan semua blog harus ditulis dalam bahasa Inggris. Toh, blog yang berbahasa Indonesia dan daerah juga diperlukan–apalagi topik dan penekanannya memang lebih ditujukan buat orang Indonesia.

Tapi, jika topiknya universal dan orang dari negara lain dirasa perlu mengetahuinya, alangkah bagusnya ditulis dalam bahasa Inggris. Komentar dan umpan balik pengakses dari seluruh dunia jelas akan makin memperkaya dan memperkuat isi tulisan Anda. | Budi Putra

Koran Tempo, 30 April 2006 | e-culture

9 Responses to “Kebiasaan Menulis di Blog (3)”

  1. rendy Says:

    yak… yak… yak….

    mari ngeblog

  2. BUNG_ASWIN Says:

    Terima kasih mas Budi Putra, tulisannya telah kami kutip, mohon maaf baru sekarang ngasih tau. Maklum bidang saya bukan IT, jadinya harus banyak belajar dari Mas Budi Putra

  3. thegadget Says:

    Hi Bung Aswin,

    Pengutipan tulisan tidak perlu minta izin sepanjang sumbernya disebutkan. Saya malah senang karena tulisan saya semakin luas audiensnya.

    Terimakasih and keep in touch!

  4. sahrudin Says:

    weblog memang jembatan yang menghubungkan antara si kecil dengan si besar; si kaya dengan si miskin; si pandai dengan si kurang pandai. tapi, hati-hati pun perlu.🙂

  5. eptia Says:

    blog generasi sekarang memang pemanfaatannya sudah sangat spesifik. Kalau pintar-pintar, bisa jadi jurus ampuh buat jadi CV online kita. Tapi, yang isinya semacam diary pun menarik. Ga kalah menarik dengan baca novel… Malah asik, bisa buat bacaan refreshink🙂 tul ga Pak?

  6. ujang Says:

    ayo kita ngeblog ….bagi yang belom bisa kunjungi situs kami di http://bintang-tutorial.blogspot.com/

  7. Febz Says:

    gw ngeblog malah di”caci-maki” dan scr pribadi gw merasa udah di”aniyaya” cuman krn mosting ttg pembunuhan 3 kakak-bradik ituh

    apa tuh para komentator ndak punya rasa hormat sm diri sendiri, shg “tega2nya” bilang postingan gw ituh sinis

    my blog, my world, my kartasis-an, and no one can intimidated me to that.

  8. joel Says:

    mass mo belajar nulis nihh, and sekalian minta tolong kritik dan sarannya di blogg aq dong. Pinginn juga sihh punya tulisan yang bagus and dikenal. Tapi masih bingung itu blog mo di bawa kemana arahnya, tolong arahin dong mass


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: