Blog Pekan Ini Versi Tempo Interaktif

15, May, 2006

Mulai pekan ini, Tempo Interaktif menampilkan rubrik baru di menu Digitalnya: Blog Pekan Ini. Menurut pengasuh salah satu situs berita terkemuka di Indonesia ini, Blog yang dipilih — berbahasa Indonesia, Inggris ataupun bahasa daerah — adalah Blog yang mengupas tentang peristiwa yang sedang aktual ("newspeg") atau setidaknya sedang menjadi pembicaraan di masyarakat.

Sebelumnya sudah ada Blogger of the Week milik A. Fatih Syuhud yang khusus membahas Blogger Indonesia yang menulis dalam Bahasa Inggris sebagai salah satu "jembatan" bagi orang asing dalam memahami Indonesia.

Blog siapakah yang menjadi Blog pertama yang tampil di Tempo Interaktif? Baca aja yah[G!]

Update: Post ini masuk sebagai salah satu dari 100 Top Post di seantero WordPress pada tanggal 16 Mei 2006. Nongkrong di peringkat ke-34. Lihat di sini 

16 Responses to “Blog Pekan Ini Versi Tempo Interaktif”

  1. budi sutomo Says:

    wah terobosan baru baru tuh, ajang yang bagus untuk tukar informasi. salut buat tempo interaktif.
    tetapi jangan cuma berita politik dong yang jadi bog of the week. berita gizi dan kuliner juga bisa diangkat kan? seperti yang ada di http://www.budiboga.blogspot.com informasinya lengkap dan bermanfaat. thanks.

  2. Ben Says:

    Hmm.. kalo patokannya adalah “Blog yang mengupas tentang peristiwa yang sedang aktual (“newspeg”) atau setidaknya sedang menjadi pembicaraan di masyarakat”, memangnya blog itu surat kabar atau majalah berita yang selalu harus aktual?

    Btw, Tempo sendiri punya blog?

  3. thegadget Says:

    Buat Ben, kriteria itu hanya untuk memudahkan memilih Blog dari ribuan Blog yang ada. Jadi apa ukurannya kalau tiba-tiba Blog si A dipilih? Jadi kalo ada patokan itu akan memudahkan dan bisa menghindari unsur subyektif.

    Blog memang bukan suratkabar atau majalah berita, tapi bisa menjadi semacam jurnalisme baru yang lebih personal. Tapi bisa saja ada blog tentang kuliner yang dibahas, jika kebetulan ada peristiwa misalnya rekor kue terbesar, dllsb. Yang penting, harus ada cantolannya dengan apa yang sdg terjadi.

    Blog yang berisi puisi juga berpeluang untuk dibahas, termasuk humor, arsitektur, gadget, dan lain sebagainya. jadi, tak perlu khawatir akan blog itu termasuk suratkabar atau majalah, bukanlah blog itu sendiri sedang tumbuh dan berkembang? Belum ada defenisi yang defenitif soal apa itu blog karena memang masih dan akan berkembang.

    Dan pemilihan Blog Pekan Ini yang didasarkan pada aktualitas seperti ini adalah sebuah “penafsiran” yang tentu siapa saja bisa melakukannya. Terimakasih

  4. ruslee Says:

    gw udah liat blog pekan ini di tempo-interaktif. hanya saja kok pemilihannya ke seorang tiong hoa indonesia yang gaya menulisnya sangat emosional dan tendensius….
    gak dewasa gitu loh…

  5. Ben Says:

    Kalau menurut Anda blog itu “sedang tumbuh dan berkembang” serta “belum ada defenisi yang defenitif soal apa itu blog karena memang masih dan akan berkembang” justru harusnya kriteria pemilihan tidak terlalu menekankan pada unsur AKTUAL semata🙂

    Akan lebih baik bila kriterianya ditekankan juga pada, misalnya, orisinilitas, kreativitas, dan konsistensi. Dan alangkah baiknya penilaiannya mencakup isi blog secara keseluruhan, bukan hanya pada satu dua posting tertentu saja. Ini sekedar masukan saja, bukan untuk minta dipilih lho…😛

  6. thegadget Says:

    Betul, Bung Ben, itu hanya buat “pintu masuk” saja. Sebagus apapun dan seaktual apapun, kalau postingnya baru satu atau dua biji, ya nggak bakalan dibahas untuk rubrik ini. Kriterianya tidak kaku, kok, dan teman-teman semua jika tertarik pada blog tertentu, juga boleh mengusulkannya untuk dibahas.

    Kalau perlu, sekali waktu, yang akan dibahas itu Blog yang paling tidak aktual hihihih….

    Lagian ini juga baru mulai kan, baru satu tulisan…. Terimakasih untuk masukannya yang berharga.

  7. johan Says:

    saya setuju kalau fokusnya thd masalah yang sedang hangat … seenggaknya bisa dijadikan “sudut pandang” lain selain jurnalisme surat kabar yang struktural .. kalaau perlu juga diikutsertakan komen-komen thd postingan bersangkutan

    untuk mas Ben – dan teman-teman blogger lain terutama yang sudah bangkotan (heheheh) – saya usul bikin juga aja seperti pak Fatih Syuhud tapi untuk blog berbahasa indonesia. Gak usah mingguan, bulanan rasa-rasanya pas … :p


  8. Mungkin bagus juga kalau tidak hanya menampilkan satu blog secara khusus, tapi membahas 1-2 topik dengan masing-masing topik mengutip 2-3 blog.

    Modelnya seperti “today’s blog”-nya Slate http://www.slate.com/id/2141769/?nav=fix

  9. dodi Says:

    setuju dengan Rasyad!

    masalah2 yang lagi hangat, dipandang dari perspektif beberapa blogger. tentunya lebih asik kalo perspektifnya beda2.

    heheh. susah tuh nyarinya. selamat mengembarai belantara feed deh.

    btw, tempointeraktif dot kom ga punya feed! basi ah. masa situs berita ga punya agregat. gimana mo dibaca!


  10. Wah, itu sih top bgt !!!
    tapi gimana kalau di tambah tentang dunia IT yang lagi di gandrungi anak nuda “biar lebih Fresh gitu”, misalnya memeriahkan blog, atau menyediakan tutorial2 yang mengajak anak muda untuk terus berkreatif.

    N yang psti jgn berita melulu, Thank’s

  11. thegadget Says:

    But ruslee,

    Sebetulnya di situlah keunggulan Blog: ditulis apa adanya, terkadang penuh emosional bahkan terkadang juga tendensius. Karena pada umumnya Blog ditulis secara spontan, sehingga tak ada banyak waktu memikirkan efek ini-itu. Soal pilihan Blog tempo hari, tentu kami punya alasan sendiri dalam memilihnya. Tapi yang jelas, setiap masukan — apapun masukannya — tetap akan diperhatikan dengan serius.

    Buat johan,

    Saya setuju seratus persen. Semakin banyak teman yang mau memantau Blog dan menulis Blog of the Week atau Blog of the Month versinya sendiri jelas akan membuat Blogosfer semakin asyik dan seru. Blogger of the Week-nya Fatih Syuhud dan Blog Pekan Ini-nya Tempo Interaktif hanyalah bagian dari semua itu.

    Buat Rasyad,

    Usul ini menerbitkan ide baru lagi: mungkin sebaiknya juga ada rubrik baru semacam Today’s Blog yang membicarakan sejumlah Blog yang membahas topik tertentu. Tentu, blog “Sarapan Ekonomi” akan menjadi salah satu target nantinya🙂 Thanks a lot.

    Buat dodi,

    Terimakasih. Kita juga lagi menyiapkan feed buat Tempo Interaktif.

  12. RAN Says:

    Kalau saya termasuk blogger atau cuma pemanfaat mesin blog ?

  13. aRdho Says:

    keren……….


  14. Ini juga bagus nih. Lebih keren malah daripada Richard punya.

  15. udin Says:

    betul blog memang bukan majalah atau surat kabar, tapi dari blog pembaca bisa mendapatkan alternatif data yang bersifat personal yang kurang (bahkan tidak mungkin) dimuat di media mainstream. in this point, blog lebih jujur mengungkapkan sesuatu. karena blogger kebanyakan menulis secara sukarela, dan tidak terikat dengan satu lembaga, termasuk media.

    dasar yang dijadikan pilihan Tempo, saya kira tak ada salahnya. good point.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: