Bakrie Telecom Perluas Jaringan Fixed Wireless

19, May, 2006

PT Bakrie Telecom, salah satu operator layanan suara dan data fixed wireless terkemuka di Indonesia, memperbesar kapasitas dan jangkauan transmisi jaringan nirkabelnya secara signifikan dengan radio access, switching dan solusi optikal terbaru dari Nortel.

Dengan peningkatan kapasitas jaringan CDMA2000 1X tersebut, mencakup daerah Jakarta dan sekitarnya serta 15 kota di Jawa Barat dan provinsi Banten, memungkinkan Bakrie Telecom memenuhi permintaan pelanggan yang semakin meningkat terhadap layanan komunikasi suara dan akses Internet broadband fixed wireless, komunikasi data dan faks dengan merek Esia.

"Kami telah mencetak pertumbuhan sebesar 55 persen selama kuartal pertama tahun 2006 dan akan terus bertambah hingga mencapai kurang lebih 1,35 juta pelanggan di akhir 2006, atau dua kali lebih besar dibanding total tahun lalu," kata AG Rao, Chief Technical Officer, PT Bakrie Telecom.

Solusi Nortel untuk Bakrie Telecom terdiri atas CDMA Metro Cell Base Transceiver Stations (BTS) baru yang memungkinkan pertumbuhan jaringan yang hemat biaya dan tanpa hambatan, perlindungan investasi saat ini, melalui card upgrade ke infrastruktur 1xEV-DO generasi ketiga (3G) dari Nortel.

Pada jaringan intinya, Bakrie menggunakan DMS-MTX Circuit Switching Platform fleksibel dari Nortel yang memungkinkan pelanggan dapat menerima pelayanan yang dapat diandalkan secara terus menerus. [G!]

6 Responses to “Bakrie Telecom Perluas Jaringan Fixed Wireless”

  1. Iqbal Says:

    Halo Pak Budi.

    Kebetulan saya bukan pengguna Esia dan sangat jarang kawan saya yang menggunakan Esia.

    Yang ingin saya tanyakan: Apakah benar akhir-akhir ini pelanggan Esia kesulitan untuk menggunakan layanan Esia?

    Salah seorang yang saya kenal sampai berpindah dari Esia ke provider lain (beberapa hari lalu). Katanya, dia selama beberapa hari tidak dapat menggunakan Esia-nya untuk menelpon (hanya untuk SMS saja).

  2. rendy Says:

    @iqbal, kapasitas jaringannya pada jam-jam tertentu tidak sebanding dengan jumlah pengguna yang menggunakannya pada saat bersamaan

  3. thegadget Says:

    benar kata rendy. tapi saya juga dapat informasi bahwa penyebab utama masalah ini karena Telkom sering “memainkan” interkoneksi Esia …

  4. Sayed Maqbul Says:

    Saya mau sedikit memberikan sedikit pejelasan dari komentar pak Iqbal, memang sekarang ini NORTEL lg memperbanyak BTS dari bakrie, namun memang perlu waktu…, mungkin semuanya akan normal setelah BTS sudah dibangun semua

  5. muhar Says:

    saya penguna internet, skrg ini saya mengunakan esia tanpa langganan, bagaimana caranya agar saya berlangganan dan menngunakan internet hingga unlimited, selama ini saya pakai kartu, jadi boros dehhh.., thanks baget..

  6. Mujahid Dakwah. SE Says:

    saya cuma bisa terkagum2 melihat iklan ATl esia di TV. saya intrest dengan esia b’cause berani head to head tentang pricing di bisnis telekomunikasi indo.
    pertanyaan pak??
    kapan Esia ‘B-tell masuk Lombok – mataram (NTB)- apa kami di lombok belum bisa jadi prioritas. kalau di lombok -NTB. provider dengan pricing seperti esia bakal di serbuuuuuuu…. di pertimbangkan ya pak.


Leave a Reply

