Mencokok Blog dengan Tag

17, July, 2006

tag.jpg

Bagaimana supaya weblog atau blog Anda bisa ditemukan orang dengan mudah? Manfaatkan dan kelola tag dengan baik!

Apa itu tag? Ini adalah semacam kata kunci yang ditaruh sebagai kategori dalam blog.

Jika blog Anda menggunakan peranti lunak WordPress (www.wordpress.com), Anda bisa dengan mudah membuat tag atau kategori untuk setiap posting terbaru Anda.

Sementara bagi pengguna peranti lunak blog lainnya, pada umumnya secara manual harus menyertakan kode tertentu yang diperuntukkan sebagai tag sewaktu membuat dan mengirim posting terbaru.

Terlepas jika blog Anda menggunakan bahasa Indonesia, sebaiknya kategori dibuat dalam bahasa Inggris, misalnya Politics, News, People, Media, Business, dan seterusnya.

Jangan buat kategori yang aneh-aneh–yang akan membuat hanya Anda yang akan menemukan blog Anda. Cobalah pelajari kategori-kategori yang populer saat ini di www.technorati.com/tag dan www.wordpress.com/tags.

Kategori-kategori ini bukan sekadar metode bagaimana memilah topik yang akan ditampilkan di blog. Manfaatnya jauh lebih dahsyat: kategori ini memudahkan orang menemukan blog Anda.

Mesin pencari blog terkenal, Technorati, mengandalkan tag untuk menyajikan posting blog teranyar secara real time. WordPress juga menampilkan galeri tag yang populer di situsnya.

Jadi pengakses cukup berkunjung ke Technorati atau WordPress, lalu memilih salah satu tag, misalnya World Cup, maka akan muncul posting terbaru dari berbagai blog mengenai kategori tersebut.

Karena itu, buat dan kelolalah kategori di blog Anda dengan baik. Jangan pelit mencontreng kategori yang sesuai dengan posting Anda: bisa saja satu posting terbaru bersinggungan dengan lima hingga delapan tag sekaligus.

Di jagat blog–atau sering disebut blogosfer–Anda memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk mengekspresikan diri dan dikenal secara luas.

Selain dengan memilih dan membuat entry yang menarik, anyar, atau mungkin saja unik dan langka, masih ada satu syarat lagi yang akan membuat blog Anda bisa dicokok di mana-mana: tag.

Budi Putra

Koran Tempo, 16 Oktober 2006 | e-culture

4 Responses to “Mencokok Blog dengan Tag”

  1. snydez Says:

    lalu kalo ternyata ada ratusan posting lain yang ber tag sama..
    tetep aja mengharapkan blog kita terdaftar paling atas, soalnya kalo di deretan akhir, siapa juga yang iseng mencari sampai halaman terakhir kalo ga iseng banget😉

  2. thegadget Says:

    justru itu. posting terbaru pasti posisinya paling atas (jika sortirannya berdasarkan fressness). coba deh.

    nah, kalo kita bikin sendiri tag-nya, jelas tag itu tidak akan ditampilkan dalam galery tags yang populer di Technorati.

  3. didats Says:

    oooh gitu ya…
    *manggut manggut*
    😀


  4. […] anggap enteng tag. Ini adalah semacam kata kunci atau kategori yang memudahkan orang menemukan posting-posting sebuah blog dari mesin pencari. Tag atau kategori […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: