12 Jenis Blogger

13, May, 2006

SEPERTI halnya ada banyak karakter manusia di bawah jagat atmosfer, demikian pula halnya dengan Blogger di ranah blogosfer. Dengan semangat "sebagai Blogger kita pun harus berani menertawakan diri sendiri", saya mencoba mengidentifikasi dan mengklasifikasikan 12 jenis makhluk yang dinamakan Blogger. Setiap Blogger bisa saja memiliki salah satu karakter ini atau memiliki dua atau tiga kombinasi di antaranya.

  • Blogger Selebritas: Ini adalah jenis Blogger yang sangat terpesona dengan popularitas. Ia menginginkan semua orang mendukung, memuji dan memujanya. Jelas ia tak mau ada orang yang mau mengutak-atik singgasananya. Ia tak begitu peduli pada kualitas posting, tapi yang penting eksistensinya tetap ada dan dirasakan.
  • Blogger Hiperaktif: Inilah Blogger yang memiliki stamina yang prima. Ia sanggup mengirim puluhan posting setiap hari — tak peduli posting tematik atau sekadar rangkuman quick links — untuk sekian buah Blog yang dimilikinya. Sepertinya waktu 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu belum cukup baginya.
  • Blogger Peneliti: Blogger yang satu ini memiliki dedikasi yang tinggi pada dunia penelitian dan pengetahuan. Ia rajin memposting pengetahuan, data dan fakta yang berguna di blognya. Setiap postingnya diperkuat dengan link-link yang tepat dan akurat.
  • Blogger Pendidik: Inilah Blogger yang lebih memposisikan diri sebagai pendidik atau guru. Ia sering memposting isu-isu dengan sudut pandang edukatif dan didaktif. Tidak begitu banyak frekuensi postingnya, tapi selalu menarik dan bermanfaat begitu ia memperbarui blognya.
  • Blogger Pesolek: Blogger yang satu ini gemar bersolek — dalam arti sering mempercantik tampilan desain Blognya. Ia sangat memperhatikan kualitas logotype, tipografi dan sensasi grafis Blognya. Blog itu indah, begitu mungkin prinsipnya, jadi kenapa harus dibuat gundah?
  • Blogger Gaul: Namanya Blogger gaul, Blogger yang satu ini memang gemar bergaul. Ia rajin menyambangi Blog-blog lain — apakah Blog yang sudah lama ataupun baru — memberikan komentar atau tanggapan. Kompensasinya, Blogger yang sudah dikunjunginya itu akan balik bersilaturahmi ke Blog dia. Semacam arisan juga, kan?
  • Blogger Narsis: Inilah Blogger yang sangat individual-sentris. Tak peduli apa yang sedang terjadi di dunia, yang jelas, ia hanya sibuk dengan posting tentang dirinya sendiri: berisi agendanya sehari-hari hingga sepekan mendatang. Sering memajang foto sendiri ataupun barang-barang pribadi lainnya. Jadi kalau ingin berkenalan dengannya, Anda tak perlu ketemu, cukup baca Blognya — dijamin akan mengenalnya dari A-Z!
  • Blogger Entrepreneur: Jiwa bisnis Blogger jenis ini luar biasa. Ia pintar memilih tema untuk sejumlah Blognya, dan menempatkan sejumlah banner iklan dari penyedia online advertising kelas dunia di Blognya. Jelas dia sangat akrab dengan istilah AdSense, Chitika, AdBrite, BlogAds, Amazon, dan lain sebagainya. Akumulasi klik dari pengunjung pada banner atau link advertorial ini jelas akan membuat dompetnya jadi tebal.
  • Blogger Profesional: Ini memang Blog sudah menjadi pekerjaannya sehari-hari. Full-time. Artinya, ia tidak hanya memiliki jiwa enterpreuner entrepreneur, tetapi juga mampu melakukannya dengan sangat profesional, memodalin dan mengelolanya dengan baik. Ia juga memiliki kemampuan manajerial dan penataan keuangan yang baik.
  • Blogger Amatir: Inilah Blogger yang setengah hati. Sekali waktu, ia rajin mengirim posting, kemudian menghilang satu-dua bulan, kemudian ia menggebrak lagi dengan posting-postingnya. Boleh jadi ia sudah lupa dengan username dan password admin Blognya, atau lupa URL Blognya sendiri.
  • Blogger Introvert: Inilah Blogger yang "tidak niat". Ia menutup ruang komentar untuk setiap postingnya, tak mengungkapkan sama sekali jati-dirinya. Meskipun begitu, ia rajin posting. Boleh jadi waktu mau buka Internet dia lirik kanan-kiri dulu agar tidak ketahuan orang. Tapi masih syukur ia hanya menutup ruang komentar di Blognya, dan bukan menutup Blognya!
  • Blogger Filosof: Ini memang filosof abis. Hampir semua postingnya berisi pemikiran-pemikiran filosofis. Apapun isu atau topik yang sedang, bisa ia lihat dari kacamata filsafat. Meski harus mengernyitkan alis untuk membacanya, tapi sesungguhnya posting-postingnya sangat mendalam, menikam dan mencekam.

Masih adakah jenis yang lainnya? Saya tunggu masukannya.

Oh ya, Anda sendiri masuk kategori yang mana?🙂

37 Responses to “12 Jenis Blogger”

  1. lita Says:

    Sepertinya sedang ‘musim’ ya pembuatan kategori blogger seperti ini😀

    Saya sih merasa amatir, tapi kok tidak sesuai ya dengan kategori yang disebutkan?
    Malah lebih mirip (setengah) Peneliti yang senang Bersolek😀

  2. Ben Says:

    Kamu sendiri yang mana?🙂

  3. Mpie Says:

    Saya mengakui jenis type bloger pesolek dan bloger gaul , gak ada yang salah dengan type ini kan?🙂


  4. […] Type Blogger Ditulis Sebagai: Informasi SEPERTI halnya ada banyak karakter manusia di bawah jagat atmosfer, demikian pula halnya dengan Blogger di ranah blogosfer. ….Ayoo..kira-kira kalian masuk ke tipe yang mana yah? ————– Posting diambil dari yang punya postingan asli. […]

  5. rendy Says:

    yang bener itu entrepreneur….

  6. hericz Says:

    Ada lagi: Blogger pembagi, blogger yang suka membagi blogger menjadi 12 jenis.

    hihihi

  7. budiwijaya Says:

    yang penting nge-blog…

    –budiw

  8. Pujiono Says:

    Ada lagi BLOGGER ANONIM, yaitu seorang blogger yang tidak mengungkapkan jatidirinya sendiri di dunia maya. Identitasnya yang asli hanya diketahui oleh beberapa orang dekatnya saja. Meski demikian, kualitas postingan blogger jenis ini jangan diragukan hanya karena identitasnya tak terlacak. Contohnya: Polisi EYD.

  9. Andry Says:

    Blogger Viral.
    Penyebar virus-virus ide yang melihat dunia saat ini tidak lebih dari sekedar ajang pertempuran mindset..

  10. fendiv Says:

    Wah
    Sepertinya saya masih mencari identitas
    : )

  11. RAN Says:

    Kalau saya termasuk blogger, atau pengguna mesin blog?

  12. johan Says:

    ada blogger yang jualan produk …. warblog namanya warung blogging … :p

  13. Nando Says:

    Saya blogger baru, ga tau masuk kategori mana, tapi kayaknya sih masuk kategori no: 1, 5, 6 & 10…Huahahaha….
    Kalo yang hobinya posting gambar porno, masuk kategori mana? Entrepreneur atau kategori baru?

  14. ananta Says:

    karena tidak ada aturan resmi bagaimana sebuah blog itu seharusnya, ya wajar aja kalau masing-masing punya gaya sendiri
    sekarang kayanya saya masih blogger amatir
    bukan karena kurang niat
    tapi belum berdedikasi penuh jadi seorang blogger
    alias sekedar sampingan dan iseng
    (eh sama aja ya dgn kurang niat😀 )

  15. -tikabanget- Says:

    wekekkekekekkk..
    menampar sekali kategorinya..
    hihi..

  16. Dinda Says:

    Blogger asal: asal ada yang lewat dikepala, pasti ditulis. blog gw begitu kali ya… wakwkakw… tapi ada sedikit pengaruh narsis dan (sok) filosofis. hehehe… pa kabar mas? baik?

  17. thegadget Says:

    Dinda… di manakah kau berada… (ingat lagu Kla Project…. ops, or single-nya Katon ya? udah lupa…)

    Sebetulnya tidak ada yang salah dari kategori-kategori itu. Apapun kategorinya, teh sosro minumannya hihihi…

    Apakah kita masuk kategori narsis, materialis, and so on, pertahankanlah! Itu namanya prinsip…

  18. fragnatica Says:

    klo yang cuma posting2 puisi di blognya gimana??
    sama kata2 gak jelas sih.. gak ada guna semuanya.. ^^

  19. winy Says:

    saya masuk yg mana ya????….. setuju sama lita nih, amatir, tapi deskripsinya gak sesuai tuh….😛


  20. wah .. kalo blog gw jenis apa ya ?

  21. wadehel Says:

    blogger wadehel, gak peduli garing basi, kontroversi atau njelehi… ngeblog gak pake jaga gengsi.

  22. catur Says:

    saya masuk blogger gaul yang sedikit peneliti dan senang berfilosofi

  23. sterli Says:

    Saya yang mana ya….?

  24. Tina Says:

    Wah.. aku masuk blogger cuek kayanya (sayang ga ada di categori), hehe.. Soale postingnya ga beraturan, apa yang ada di kepala ditulis semua..

    Mhh, ada ulasan ini jadi pengen lebih fokus.. Thanks ya sharingnya.. berguna sekali nih..

    Viele gruesse aus Ulm, Deutschland

  25. Tina Says:

    O ya, boleh aku link ga mas?

  26. thegadget Says:

    Tina,
    silahkan dilink.
    Thx

  27. Hadi Says:

    Mas, aku comot dan masukin ke buletin ku ya.. trims.

  28. om7ack Says:

    Blogger Jablay..
    ya itu punyaku :p
    dikasih predikat itu gara-gara kemarin mungkin rame bikin heboh gerakan jangan komen di blog seleb🙂
    yah terima kasih lah senior-senior, setidaknya saya sekarang senior-senior jadi kenal saya hahah :))


  29. […] Berapa hari terakhir ini, lumayan sering baca postingan tentang A-Z nya blogging. Mulai dari oom Heri dengan Blogflow Quadrant-nya, tante Lita dengan gimana beliau menilai suatu blog, dan baru saja selesai membaca jenis-jenis Blogger karya oom Budi Putra. […]


  30. […] dan yang penting lagi, kita meninggal kan jejak si M Photo Studio…. sebagai Prasasti, betapa “bad-day” nya hari ini… tapi walaupun gitu ternyata akhirnya menyenangkan juga… kembali ke dunia Nyata dan hang out gadis2 ini kekekekke sorry yah gals… foto nya gue pajang (gak kuat nahan Narsis neh..maklum, Blogger wannabe) […]

  31. miftah Says:

    kalau melihat spesifikasi di atas keliatannya blog sy sedikit nyomot sana sini deh hehehhe
    little bit of amatir, narsis and else hehehehh


  32. […] read blog post from Budi Putra titled 12 Jenis Blogger or 12 kinds of blogger makes me wonder, i’ve been blogging since a few years but still i can […]

  33. raffaell Says:

    Ada yang belom nih mas….aku tambahin yah..

    Pujangga Blogger..
    Blogger yang isian blognya puisi semua, cerita sehari harinya diinterpretasikan dengan puisi puisi ciptaanya, dan bahasanya pun bahasa puisi.

    hehe


  34. […] 12 Jenis Blogger Maret 21st, 2007 from: 12-jenis-blogger/  […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: