Ada Wi-Fi di Taman Kota

28, August, 2006

Sebuah taman kota di Surabaya, Jawa Timur, akan bertaburan hotspot akses Internet nirkabel. Semua orang yang memiliki perangkat akses berkemampuan wireless fidelity (Wi-Fi) akan bisa berselancar di Internet sambil istirahat atau melewati taman tersebut.

Ya. Taman Bungkul, nama kawasan itu, segera menjadi taman kota dengan akses nirkabel Wi-Fi. Menurut situs SuaraSurabaya.net, ini adalah taman kota pertama di Indonesia yang memiliki titik-titik sentra akses nirkabel.

Seperti diberitakan, Telkom mengucurkan dana Rp 1,5 miliar membangun Taman Bungkul menjadi taman kota dengan akses Wi-Fi.

Beberapa fasilitas yang akan dibangun di taman kota ini antara lain taman bermain anak, jogging track, skateboards track, food court, dan berbagai fasilitas bermain yang lainnya.

“Taman ini nantinya juga akan dilengkapi dengan fasilitas akses Internet Wi-Fi. Dan ini satu-satunya di Indonesia,” ujar Nanang Ismail Kosim, Executive General Manager Telkom Divisi Regional V Jawa Timur.

Wi-Fi adalah teknologi dengan sinyal radio yang memancarkan koneksi Internet hingga radius 100 meter.

Teknologi standar Wi-Fi alias 802.11b yang menggunakan spektrum 2,4 GHz mampu mentransmisikan sinyal sekuat 11 megabit per detik (Mbps).

Sementara itu, teknologi 802.11a, yang menggunakan spektrum 5 GHz, memungkinkan transmisi hingga 54 Mbps.

Sedangkan 802.11g, yang hanya menggunakan spektrum 2.4 GHz, mampu melakukan transfer data hingga dua kali lipat, 22 Mbps.

Jika peranti mungil ini ditaruh sebagai hotspot dengan koneksi berpita lebar, semua komputer ataupun perangkat genggam yang memiliki penerima Wi-Fi di sekitarnya bakal kecipratan akses Internet.

Karena itu, di kedai-kedai kopi, resto, ruang tunggu bandar udara, atau taman kota, Anda tak perlu sibuk mencari sambungan telepon hanya untuk mendapatkan akses Internet di laptop Anda.

Dimotori oleh para pelopor macam Rob Flickenger di San Francisco dan Anthony Townsend di New York, gagasan awal teknologi ini adalah bagaimana semua orang bisa menikmati akses Internet dengan gratis.

Meskipun pada kenyataannya saat ini untuk menikmati Wi-Fi sama sekali tidak gratis, setidaknya keberadaan akses nirkabel semacam ini sudah sangat membantu.

Setidaknya begitulah yang saya rasakan.

Budi Putra
Koran Tempo, Minggu 27 Agustus 2006 | e-culture

9 Responses to “Ada Wi-Fi di Taman Kota”

  1. snydez Says:

    wew! 😮
    sayang gak punya gadget ber WiFi ;P
    *dan gue bukan di surabaya 😛

  2. Barinox Says:

    Kalo Gratis asyik tuh….
    cuman telkom…. mana ada yang gratis…
    hehhe malaketehe….

  3. johan Says:

    huee .. taman bungkul itu ngetopnya sama rawon/soto-nya … yang jual kalo ngitung totalan makan kita itu sueeeeper cepet .. nggak takut lidahnya kusut… masa sih ada wi-finya di situ nanti?

  4. mina Says:

    taman kota? kalo taman kampus sudah dari dulu tuh 🙂

  5. baluap Says:

    Mantap tenan rek…
    Wujud kepedulian terhadap bangsa kale…
    Ya, semoga tempat yg lain juga bakal ada…
    Salut buat Telkom…
    Thanks…

  6. Ramses Says:

    Wah………. Keren Bener tuh…….
    Gmn tentang Perijinannya Boss…?
    Apakah sudah ada pasar yang siap membeli produck yang calonnya akan di tawarkan di Taman Bungkul?

    Sampai se aman apa WiFi yang di tawarkan?
    Mahal ga? Access nya Boss…?

  7. TheSarwoAjie Says:

    Wah… Jakarta kapan yah…?

  8. LaserNewYork Says:

    Ada yang tahu ngga daftar home wireless internet di Surabaya ? mau langganan juga soalnya lebih murah


Leave a comment