Fatih, Tukang Bedah Blogger

29, March, 2006

Koran Tempo, Rabu 29 Maret 2006 | Digital

Digital_FLASH_blogger_Fatih.jpgTanpa disadari, blog di Indonesia berkembang dengan cepat. Diary online interaktif itu dengan cepat menciptakan para blogger dengan beragam topik, minat, dan hobi.

Selain itu, ada yang menarik: sudah mulai banyak blogger Indonesia yang menulis blog-nya dalam bahasa Inggris.

Bagi Fatih Syuhud, seorang peneliti studi Islam di Jamia Millia University dan mahasiswa pascasarjana politik di Agra University, India, fenomena ini adalah sesuatu yang sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Ia melacak blog Indonesia yang bercasciscus itu, memilih dan menulis Blogger of the Week pada blog-nya, yakni di http://afsyuhud.blogspot.com.

Berikut ini perbincangannya dengan Tempo melalui surat elektronik:

Kenapa Anda tertarik jadi blogger?

Saya tertarik membaca berita tentang blogger Irak bernama Raed (http://dear_raed.blogspot.com) yang memaparkan kejadian sehari-hari era awal invasi Amerika Serikat di Irak. Raed kemudian menjadi penulis lepas di koran-koran Inggris dan direkrut Reuters.

Langkah ini disusul rekan senegaranya, seorang perempuan (http://riverbend.blogspot.com), yang kisahnya kemudian dibukukan oleh penerbit feminis Amerika.

Sejak kapan blogger of the week mulai Anda tulis?

Sejak Agustus 2005. Tepatnya 17 Agustus 2005.
Ada tiga tujuan: membahas sebuah topik yang khas Indonesia, menjadikan blog dan blogger yang saya review sebagai contoh soal, serta mempromosikan blog yang saya review supaya lebih banyak dikunjungi.

Sudah berapa blogger yang Anda pilih?

Sampai saat ini sudah 32 blog yang saya review, antara lain Wimar Witoelar, Hermawan Kertajaya, Nadirsyah Hosein, Jennie S. Bev, dan Christine Susanna Chin.

Apa kriterianya?

Yang utama adalah kualitas isinya. Namun, bahasa Inggris termasuk salah satu syarat. Minimal dwibahasa (Indonesia dan Inggris).

Sebab, hanya dengan bahasa Inggrislah blogger Indonesia bisa dikenal dunia. Agar Indonesia dikenal tidak hanya melalui diplomat-diplomat kita saja–yang kebanyakan tidak berbuat banyak.

Selama ini orang tahu tentang Indonesia umumnya dari orang atau blogger asing. Sudah waktunya dunia tahu Indonesia dari orang Indonesia sendiri.

Bagaimana perkembangan blog di Indonesia?

Cukup bagus. Cuma saya pingin jurnalis dan intelektual independen, seperti Yudi Latief dan Farid Gaban juga nge-blog dalam bahasa Inggris. l BUDI PUTRA

7 Responses to “Fatih, Tukang Bedah Blogger”


  1. […] Blogging: boleh serius, boleh tidak. Boleh puas di lokalan, lebih bagus lagi kalau nginternasional. Mari tanya Budi Putra. Comments » […]

  2. vi Says:

    kenapa tak coba kembangkan bahasa daerah di blogger? apa hanya sekedar untuk dikenal dan saling mengenal dan budaya sendiri terjerembab, terpekur pada susunan casciscus inggris?

  3. Qisai Says:

    Blogging bisa saja dengan menggunakan bahasa apa saja, bahasa daerah, nasional, maupun internasional. Dan dengan memperhatikan dunia yang semakin mengglobal, dimana jarak antara satu tempat dan tempat yang lain itu menjadi tidak relevan, alangkah baiknya apabila penyampaian ‘uneg2’ itu melalui bahasa yang bisa dipahami oleh mayoritas (contohnya bhs Inggris). Sehingga dengan begitu pesan kita akan lebih mudah untuk dipahami dan dimerngerti oleh pihak lain.

    Cheers..

  4. lita Says:

    Kalau target pembacanya memang yang berbahasa Indonesia, rasanya tak perlu minder untuk pakai bahasa Indonesia🙂 (this is my defence for my blog)

    Blog berbahasa Indonesia pun belum tentu dikelola oleh empunya yang tidak lihai berbahasa Inggris. Toh yang dikejar tidak hanya jumlah pengunjung tapi juga peminat ide kita🙂

  5. id Says:

    Mau pake bahasa Indonesia, English, Nihon Go, buat gue sih asyik-asyik aja asal isinya bagus dan gak terlalu serius🙂


  6. ya, kalo tujuannya untuk lebih dikenal dan dibaca masyarakat Internasional bagusnya memang pake bahasa inggris-saya setuju-, tp bagi yang tujuannya untuk curhat, melepas uneg2 or menyimpan file2 pribadi ya pake bahasa indonesia sah-sah saja, itukan tergantung tujuan kita masing2 dlm memeriahkan dunia blog ini!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: